Epaper a.k.a koran online, koran hari ini ya baca hari ini

Tadi siang dikasih tau ama pak Aripin kalo batampos sedang ujicoba epaper (http://epaper.batampos.co.id). Ternyata keren, bisa baca koran hari ini secara online tanpa harus membeli koran versi kertas. Isi dan tampilan nya sama persis dengan versi kertas loh. Hanya butuh modal koneksi internet dan sedikit kesabaran, karena epaper ini agak sedikit berat di load. Ya maklumlah, untuk menjaga agar tulisan yang kecil2 itu bisa tetap terbaca, mau gak mau epaper nya harus mengunakan image ukuran jumbo juga :).

Setelah tanya mbah google, ternyata sudah banyak media massa Indonesia yang dah punya versi epaper.

Tapi sepertinya ada sedikit kendala untuk masa depan epaper ini. Pertama, harga hosting + software nya nggak murah. Kedua, koneksi Indonesia yang lemah syahwat menjadi kendala saat sang media akan melakukan upload epaper nya (speedy office mungkin bisa nungging beberapa puluh menit buat upload file 5 MB, kekekeke) gak tau deh pdf nya epaper ini sampe barapa MB untuk koran 32 halaman. Trus tadi Kang Ipin juga bilang, "Capek buat PDF nya", kekkeke, jadi kendala di human resource nya deh. LOL.

Eh, pada pengen tau nggak kenapa banyak yang punya versi epaper. Analisa saya, analisa saya loh ya. Tujuan jangka panjang nya adalah untuk mengurangi edisi kertas yang cukup banyak butuh biaya. Semakin banyak pembaca epaper, maka akan semakin sedikit yang membeli koran versi kertas. Tapi jumlah pembaca total tetap banyak. Dan akhirnya, pemasang iklan tetap bersedia menjadi partner mereka. Jadi, pemasukan utama dari iklan tidak berkurang, sementara biaya yang dikeluarkan semakin kecil. jadi UNTUNG deh. Ini cuman analisa loh ya :)

Gitu dulu deh, selamat membaca

agus

4 Responses to "Epaper a.k.a koran online, koran hari ini ya baca hari ini"

Anonymous said :
Wednesday, 15 October, 2008
selain versi pdf ada juga tuh yang langsung image... pdf kadang sering bikin komputer hang!, apalagi di warnet2.
agus said :
Wednesday, 15 October, 2008
Kalo yang sekarang dipake batampos, upload nya PDF, tapi pembaca menerima nya dalam bentuk flash. di convert otomatis ama penyedia jasa nya :)
Anonymous said :
Wednesday, 15 October, 2008
makasih..makasih..atas supportnya kang Agus, yg sering ngasih ide kalo otak sy lg mumet...jgn bosen2 kasih masukin dan info....
Anonymous said :
Sunday, 02 November, 2008
nice post bro.....
apalagi bisa di redirect / widget ke blog keren tuh om

Post a Comment