Ternyata SEO itu lumayan repot

Baru sadar saya sekarang kalau SEO itu lumayan menguras tenaga dan pikiran. hehehehe. Tadi abis baca2 petunjuk di google webmaster. Katanya kalau mau ranking web / blog kita jadi naik, harus banyak web / blog lain yg punya link ke kita. Lumayan repot kan.

Kesimpulan sementara, yang harus dilakukan adalah :

1. Ikutan blog aggregator. Misal blog-indonesia.com, technorati.com, dan masih banyak lagi aggregator2 lain. Nah, yang males nya kalo ikutan aggregator2 gitu, kita disuruh narok banner + link ke mereka. Emang kecil sih banner nya. Tapi buat saya yang lebih mementingkan kecepatan loading, yang gitu itu juga merepotkan :).

2. Harus rajin2 blogwalking + meninggalkan jejak berupa komentar. Apalagi untuk blog yang gak ada apa2 nya kayak punya saya ini, mana ada orang yang mau dengan sukarela memasukkan link saya di web mereka. Jadi ya gitu ngakalinnya. Posting komentar.

Itu baru peraturan di google, walaupun mungkin hampir semua search engine metode kerjanya kayak gitu kali yah. Makin banyak link ke web kita yg search engine dapatkan dari tempat lain, makin seringlah robot2 canggih mereka mengunjungi web kita. Nah, kalo sering dikunjungi robot gitu, kemungkinan untuk naik rank di search engine semakin tinggi.

Itu dulu deh, pusing ngurusin SEO :)

agus

1 Response to "Ternyata SEO itu lumayan repot"

Atum-Re said :
Tuesday, 11 November, 2008
adalagi gus,

optimisasi page spy search engine friendly, ngebidik keyword yg byk di cari orang, ama backlink.

Post a Comment