Pidgin untuk facebook chat

Dah lama gak nulis, jadi kangen. Berhubung gak punya bahan, jadi ya diada-adakan lah. Berita basi juga gpp :). Diawali dengan cerita dulu aja ya. Saya kan punya account facebook (ceritanya ikut2an temen nih), tapi kok tiap saya buka http://facebook.com di pc saya.. beratnya minta ampun. maklum lah, PC 800 MHz dengan RAM 256 MB. Pokoknya mabok deh kalo ketemu facebook. Jadi ceritanya nyari alternatip lain nih. Untuk ke facebooknya, saya pake yang versi mobile, http://m.facebook.com. Berhubung yang versi mobile ini gak ada fasilitas chat nya, harus cari cara lain dong untuk chat nya. Pertama nyoba digsby, eh.. malah tambah mabok pc saya, ya udah.. cari yang lain lagi, pas nyobain pake pidgin, serasa ngebuka notepad.. ENTENG banget, hehehe. Ya udah.. keputusan final, pake pidgin.

Buat temen2 yang mau pake pidgin, silakan download langsung di situs resminya http://pidgin.im. Berhubung bawaan standarnya pidgin belum bisa chat ke facebook, kita harus menambahkan plugin, silakan download di googlecode. Instal dua2nya. Kalo udah, tinggal pake deh.

Cara menambahkan acc facebooknya, silakan liat digambar. Untuk point no 5 (remember password), optional. Artinya, kalo mau password kita di save ama pidginnya, yo silakan di contreng tuh checkbox nya, jadi nanti gak perlu masuk2in password lagi tiap kali ngebuka pidgin. Kalo gak mau juga gpp :).

Plugin ini juga keren lho, tiap ada notification di facebook kita, pidgin nya bakal teriak2 ngasih tau, jadi misal ada yang komen di status kita, kita langsung tau, trus.. bisa langsung jawab deh via web (versi mobile kalo saya).

Yo wis ah, itu aja dulu. Sekali lagi maap kalo bahasan ini dah basi, cuman pengen nyoret2 blog saya nya :).

agus

1 Response to "Pidgin untuk facebook chat"

-tikabanget- said :
Saturday, 09 May, 2009
di mac ada adium.
bisa buat facebook, sayah ndak tau.. :(
tapi ceting di facebook itu ndak nyaman bener..

Post a Comment