What do you think about MLM ?

Beberapa hari belakangan ini ada seorang temen yang rajin banget ngomongin masalah MLM (Multi Level Marketing). Dia berharap bisa cepat dapet downline supaya cepat kaya :). Bermodalkan duit 1,++ jt, dia ikut salah satu MLM.

Nah, berikut ini adalah pandangan lugu saya tentang MLM. Menurut saya MLM adalah usaha "perampokan terselubung secara massal". Kenapa begitu ? Secara kasar, MLM adalah usaha dimana para member akan mendapatkan penghasilan dari haril "merampok" downline nya (**maaf kalo istilahnya terlalu kasar :)**). Coba kita bayangkan jika suatu MLM sudah mempunyai 1000 member, dah kita anggap saja 200 member berada di posisi paling bawah, misalkan uang "pangkal" 10 rb. Nah, jika suatu saat MLM ini sudah "mentok" alias tidak bisa lagi berkembang, 200 orang tadi akan mengeluarkan uang dengan sia2. Itu baru untuk posisi paling bawah, bagaimana dengan member yang berada 1 level diatasnya (misal 100 member)?, kita anggap saja 1 member level kedua dari bawah ini mendapat penghasilan 2 rb dari keberhasilannya menggaet downline. Masih tetap rugi kan !. Jadi total kerugian member paling bawah + atas nya = (100 x 10 rb) + (100 x 8 rb) = 1,8 jt.

Perumpamaan diatas hanyalah hitungan "asal-asalan". Perlu dikaji ulang :). Yang jelas, untuk saat ini, saya merasa ada yang "salah" dengan bisnis dengan bentuk MLM. Menurut saya lagi, lebih baik maling ke 1 orang daripada "perampokan massal". hehehehhe

Yo wis itu aja dulu. Kalo ada yang mau mencaci maki pendapat saya ini, monggo, silakan. Atau sampeyan punya pendapat lain, monggo. Lha wong mengeluarkan pendapat itu gratis kok.

***jangan kaget bila suatu saat pendapat saya berubah, hahahaha***

agus

15 Responses to "What do you think about MLM ?"

Anonymous said :
Monday, 16 March, 2009
setuju gus..mari kita bantai dan musnahkan
Kang Ifin said :
Monday, 16 March, 2009
cara nge-bantainya gimana yah? setuju ama pendapat kang agus...
bodsink said :
Monday, 16 March, 2009
hahaha, kalau yg malingya massal gimana?
uuk said :
Monday, 16 March, 2009
SAY NO TO MLM..
pernah tuh 2 orang temen yang berbeda ngajakin kerja mlm. yang satu temen kul, yang satu temen smp ku dulu. kalo yang temen kul sih lumayan lah gampang diatasi. kalo yang temen smp itu..iiihhhh nyebelin banget. pertama dia ngajak temen2 smp nya termasuk aku ke seminar tentang mlm itu. di tengah seminar tersebut kita melarikan diri..wkkwkwkw. beberapa hari berikutnya dia datang ma temennya(mungkin upline nya) aku bilang ak ga punya uang. apa yang dia bilang coba. dengan ringan dia berkata, 'ya udah, mas gadein aja ijasah sma nya.' iiihhh...nyebelin... trus beberapa hari kemudian dia datang lagi, ngajak ikut seminar lagi tapi yang saat itu kulakukan ada lah menolak mentah2 tu ajakan dan bilang jangan datang ke rumah lagi..
hahaha.. jadi curhat nih.. wkwkkwwkk
agus said :
Monday, 16 March, 2009
dibantai, wedew, kezam
@bodsink, maling massal, gak boleh, dosa :P
michael said :
Monday, 16 March, 2009
pada dasarnya sistem MLM bagus banget untuk mempercepat perkembangan sebuah perusahaan. di negara2 yang udah maju pesat spt jepang, amerika, canada, uni soviet dll udah lama menerapkan sistem MLM hampir di seluruh perusahaan besar. terbukti dari sistem seperti itu sudah banyak mencetak milyarder di seluruh dunia. dari sebuah buku yang saya baca karya Zig Ziglar judulnya "The Next A Millionere" kesimpulan buku itu: antara tahun 2008-2010 lahir milyarder2 baru (baby boomer) di seluruh dunia yg 20%-nya berasal dari perusahaan MLM.

sayangnya, indonesia belum terlalu melek dgn sistem spt itu. hanya beberapa perusahaan aja yg menerapkan sistem MLM.
Sebagai gambaran: saat ini sudah banyak perusahaan di Indonesia yang menerapkan sistem seperti MLM. contohnya: salah satu adalah Sido Muncul. terus, voucher pulsa juga udah banyak yg menerapkan sistem spt MLM juga.

saya bukanlah orang yg pro terhadap MLM, tapi saya pernah terjun langsung menjalani bisnis MLM hanya untuk mempelajari sisi positifnya. saat menjalani MLM, banyak ilmu yg bisa di dapat. dan udah lebih dari 6 perusahaan MLM pernah saya jalani. ternyata sistem marketing plannya berbeda-beda. yang anda gambarkan di atas adalah sistem MLM piramida, dimana bagi yang join duluan, maka dialah yg akan sukses duluan, member di bawahnya gak sukses2.

yang membuat masyarakat indo mayoritas anti thd MLM adalah, karena ada beberapa perusahaan yang memanfaatkan moment dan menerapkan sistem spt MLM, lalu ujung2nya perusahaan itu kabur melarikan uang membernya. dan itu udah sering terjadi di indonesia. kebanyakan ya seperti sistem piramida itu. akhirnya banyak orang indo yang trauma thd MLM (citra MLM jadi buruk)

jadi, menurut saya yg salah itu bukan sistem MLM-nya. tapi karena segelintir org yang hanya mementingkan kepentingannya untuk memperkaya diri sendiri. sedangkan kalau perusahaan MLM yg benar itu, membuat para membernya sukses sama-sama yaitu dengan sistem marketing plan matahari.

PS: sekali lagi saya ingatkan, saya bukan pro kpd MLM, tapi saya menganggap bahwa sistem yang diterapkan di dalamnya sangat positif dan bagus (kecuali sistem marketing plan piramida).
jadi tergantung dari masing2 individu untuk jeli dan teliti bin hati-hati kalau mau menjalankan bisnis MLM.

hehehe...sorry kepanjangan ya komen saya? itulah pendapat saya. masing2 kan punya pendapat masing2 kan?
agus said :
Monday, 16 March, 2009
makasih nih buat tanggapannya saudara michael, tapi yang saya fokuskan di sini, Kalo udah "MENTOK" alias tidak bisa berkembang lagi, bisa anda bayangkan berapa orang yang kena "rampok". Nggak peduli itu bentuk matahari kek, piramida kek, multi piramida kek, tetep aja yg berada di posisi paling ujung kena "rampok". Semakin besar jumlah member, maka semakin besar juga kerugiannya.

Emang seharusnya pendapat ini diperkuat dengan dengan bukti2, tapi apalah daya, saya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan survey tentang "berapa jumlah mantan member yang merasa dirugikan setelah bergabung sengan sebuah MLM ?". Hehehehehe
crywhole said :
Tuesday, 17 March, 2009
Multi Level Marketing, tergantung setiap manusia yang menjalaninya! setiap hal pasti memiliki 2 sisi seperti mata uang. Jika setiap orang yang akan masuk ke MLM paham akan sistem yang dikembangkan pasti dan jeli melihat asal usul perusahaan tersebut dijamin yang ketipu bisa di itung sama jari! seperti contoh mas michael : sidomuncul,bisnis pulsa dimana setiap member tidak harus mencari downline! mereka bisa berkembang dengan sendirinya melalaui kreatifitas marketing yang telah didapat dari MLM itu sendiri. Bagaimana bisa mengatakan setan itu menyeramkan kalo bertemu saja belum pernah? ekekekeke
agus said :
Tuesday, 17 March, 2009
@kriwul, seep.. tambah masukan.
Tapi ngomong2 soal setan, gak seberapa seram tuh, lha wong ampir tiap hari ketemu. Kowe kan setan ndes. Hahahahahaha

Ayo-ayo sapa lagi yg punya pendapat.
Sambil nunggu komentar "korban" MLM dan atau orang2 yang berhasil di MLM tanpa downline
han said :
Sunday, 22 March, 2009
wow batam...
BUSINESS said :
Sunday, 05 July, 2009
Perkenankan saya memperkenalkan SMART RICH PROGRAM dari UNITY NETWORK INTERNATIONAL, yaitu sebuah program yang bisa memberikan penghasilan kepada anda Rp. 54.000.000,- dalam waktu 3 bulan, dan seterusnya anda bisa mendapat Rp. 40.000.000,- per bulan. Informasi selengkapnya hubungi EDI SAFWAN, 081360496999
yosta said :
Wednesday, 29 July, 2009
Aslm...saya adalah mhsiswa yg juga bergelut di bidang bisnis MLM...menurut saya,,sistem MLM itu sangat dasyat...terakhir atau tidak kita jadi member itu tergantung produknya...produknya fungsional gak???dibutuhkan orang banyak gak??itu dia.Misal ada MLM dengan produk pulsa...mana ada orang gak butuh pulsa???sebagian besar penduduk indonesia sudah ber-Hp...tanpa ada yg memaksapun pasti kita beli pulsa kan???pada MLM dengan produk ini saya berani jamin tidak ada yg namanya member terakhir...cuz adik2 kita yg sekarang masih SD,,yg masih bayi,yang masih dikandungan..ya dia kelak yg menjadi pangsa pasar kita...jadi bisa dibilang merekalah yg akan jadi member baru kita...klo member tidak bisa mengembangkan jaringan pada sistem MLM,,ya jgan salahkan MLM-nya dong...itu berarti member tersebut yg tidak bisa mengembangkan jaringanya..bisa jd karena tidak berpengalaman,bisa jadi karena upline-nya yg bangsat(menipu), bisa juga karena sistem MLM-nya yg payah (salah pilih)...

saya selama ini ikut produk kesehatan and pulsa...alhamdulillah,saya sudah dapatkan passive income yg bisa saya gunakan untuk biaya kuliah,kos,dll...semua tergantung usaha kita...semua bisnis pasti ada resikonya...so,,pesan saya berhati-hatilah dalam memilih bisnis MLM,,,terutama calon up-line kita,,jgan sampai tertipu..MLM bukan bisnis investasi..MLM murni bisnis pemasaran produk yg sistemnya berbentuk jaringan (network marketing)..
ok...salam sukses buat kalian semua!!!!
wasslam.....

(yosta...http://kayauangmelimpah.blogspot.com)
Anonymous said :
Wednesday, 05 August, 2009
Aku sependapat karo sampean, Kang. MLM itu hanya menguntungkan First Mover saja. La kalo yg di bagian bawah ya dpt sialnya. Lagi pula kok sepertinya gak ada bisnis dg konsep MLM yg bertahan lama. Mbok kalo bisnis itu yg wajar saja yo, Kang. Jangan Orang makan orang. Itu kan kanibalisme. Semoga Tuhan lekas memberikan hidayahnya ya, Kang.
Anonymous said :
Wednesday, 05 August, 2009
MLM??? Inalillahi wainaillaihi rojiun. Hiii, menakutkan. Itu cara tercepat untuk membunuh persahabatan dan persaudaraan karena korbanya pasti saudara atau temen deket duluan. Keseringan yg dijual mimpi dan iming2 yg selangit. Mending jualan yg wajar saja, insya Allah masuk surga.
Anonymous said :
Wednesday, 05 August, 2009
Klo kita hitung sebenarnya (fakta) jauh lebih banyak orang yg sukses melalui bisnis non MLM. Klo situ bilang banyak dan standarnya cuma lebih dari 3 org ya mungkin. Sekarang mari kita coba buka mata lebar2 tentang fakta ini. Jangan hanya beretorika. Lihat betapa langgengnya produk2 yg dijual dg sistem direct selling seperti sabun lifebuoy, rinso, paramex, bodrex, dll yg lahir sejak jaman dahulu kala. Sekarang mana produk2 MLM yg bertahan? Buanyak sekali MLM yg muncul di negara ini tapi hanya seperti kentut; keluar, booming (bau), lantas menghilang diterpa angin. Klo hansip atau tentara yg kentut sih baunya bisa agak lama bertahan karena di atas ada kopel di bawah army shoes.Jadi tuh kentut cuma bisa merembes lewat pori2 celana. Ha ha ha. Vokoke, Gus. I say no to MLM.

Post a Comment