Edit PDF menggunakan LibreOffice 3.3

image by images.maketecheasier.com
Cuman mau cerita aja, sekalian buat catatan :)

Sempet muter2 nyari tool untuk edit file PDF (eTiket Lion Air), abis tanya2 google ternyata LibreOffice Draw bisa dipake untuk edit file PDF. Bener2 edit per text, beda ama photoshop yang nganggep PDF-nya sebagai file image (kalo mau edit text di PDF, ya harus hapus 1 bagian trus pake tool text untuk buat text baru). Dan kebetulan di PC saya sudah terinstall LibreOffice-nya.

Penggunaan LibreOffice 3.3 untuk edit text di file PDF sangat2 gampang, tinggal klik bagian yg mau diedit trus langsung bisa diubah2 deh :). Nyenengake.

Kalo gini kan jadi gampang mau masuk ke bandara, tunjukin aja hasil print dari eTiket yang udah diedit. Jadi kalo mau menjemput saudara yang datang pake pesawat gak perlu pake acara merayu2 petugas bandaranya. walaupun harus paham layout bandaranya, soalnya terminal kedatangan sama keberangkatan ada perbedaan. Dari pengalaman keluar masuk terminal A & B bandara Sukarno Hatta (Lion Air), dari terminal keberangkatan bisa nembus ke terminal kedatangan. (agak ngerti layout bukan karena sering terbang, tapi karena pernah diputer2in ama petugas darat Lion air waktu connecting flight gagal karena delay di titik pertama). Nah lho... malah jadi curcol.. hehehehehe.

Yo wis.. gitu aja postingan kali ini. Selamat mengedit PDF Anda.
Eh iya...buat yang mau tau bentuk eTiket Lion Air silakan donlot di sini (udah saya edit)
Dan kalo mau donlot LibreOffice silakan ke sini

3 Responses to "Edit PDF menggunakan LibreOffice 3.3"

achmadz said :
Tuesday, 10 May, 2011
wah.. lg ngerti aku om..
nggonku yo wes nganggo libreoffice tapi rung tau njajal sing draw..
ipay said :
Saturday, 14 May, 2011
wah boleh juga neh info na....
walau ane udah pake foxit pdf editor.. tapi mayan juga buat dicoba dan di koleksi lagi...
Hasbi said :
Thursday, 14 March, 2013
naise inpoh gannnnn tang ya!!

Post a Comment