Deface

Akhir-akhir ini lumayan banyak situs2 .go.id yang kena deface. Terutama setelah "siapakah.akyu" memulai dengan menodai situs depkominfo. Awalnya sih dalam rangka menanggapi kemunculan UUITE.

Yang kedua situs golkar, kalo ini dalam rangka menanggapi pernyataan roy suryo. Selanjutnya, jambi.go.id (lom liat hasilnya), sumsel.go.id, mungkin masih akan banyak lagi yang akan berguguran :).

Fenomena apakah ini, kebangkitan defacer2 Indonesia karena provokasi dari defacer depkominfo ? Atau sekedar unjuk gigi memamerkan kemampuan "lebih" ? Atau iseng ? Saya juga tidak bisa menyimpulkan. Hanya berharap dengan adanya aksi2 daface ini, IT indonesia bisa semakin maju, minimal administrator atau developer situs semakin menyadari akan pentingnya keamanan, dan pentingnya meng-update isi kepala dengan hal-hal baru yang menyangkut keamanan.

Bicara soal deface, blog saya, web saya juga pernah kena, kekekekeke. Sempat panik juga waktu itu. Semoga semua itu bisa menjadi pelajaran buat kita semua, Amin.

Dah ah... itu aja dulu :)

agus

2 Responses to "Deface"

Anonymous said :
Thursday, 03 April, 2008
Jawabannya krn kau bikin blog ini, trs ngasih2 bugs...

hahaha...
agus said :
Friday, 04 April, 2008
@atum-re
ada2 aja kau rik. Publikasi bug itu juga penting lho, daripada diem2 trus dibuat untuk merusak. Mendingan dibagi2 trus buat ngerusak bareng2... kwakakakakakakakaka.
Eh nggak ding. bug dipublikasikan untuk perbaikan. LOL

Post a Comment