Browsing web versi mobile via desktop browser

Beberapa hari ini koneksi telkomflash saya bener2 ngaco, lelet e pollll. Mau baca berita detikinet atau kaskus atau okezone, susah banget. Udah gitu, iklan di mereka kok ya banyak banget. Kepikiran untuk akses ke versi mobile nya mereka. Ternyata pake browser desktop versi standar ditolak waktu mau akses http://m.detik.com atau http://m.kaskus.us atau http://m.okezone.com. Tanya2 ke google, ternyata ketemu solusinya.

Intinya hanya mengubah "user agent" browser kita. User agent yang diterima web2 versi mobile biasanya user agent dari browser2 seperti opera mini atau safari iphone. Saya pake browser K-meleon nih, ngubah user agent nya gampang banget. Tools > User Agent > Custom. tinggal masukin "Mozilla/5.0 (iPhone; U; CPU like Mac OS X; en) AppleWebKit/420+ (KHTML, like Gecko) Version/3.0 Mobile/1A543 Safari/419.3". K-meleon saya dah dianggep safari iphone. Akses ke gmail juga langsung dikasih versi iphone lho :). satu lagi, ke facebook juga langsung diarahkan ke versi iphone. Untuk user agent opera mini, silakan tanya ke google ya :P

Kalo pake firefox, kayaknya harus nambah addon deh, silakan cari "user agent switcher". saya gak pake firefox lagi soalnya, jadi kurang paham. Untuk opera.. belum research juga.

Keuntungan mengakses web2 versi mobile : yang jelas iklannya minimal, nyaris gak ada, dah gitu kode html nya pasti dibuat seringan mungkin ama webmaster mereka, menyesuaikan dengan kekuatan handphone maksutnya :), jadi loading nya bisa lebih cepet.

Apalagi ya, hm..... Alternatip lain, gunakan emulator Opera mini. yang satu ini saya juga agak males, soalnya harus install Java Virtual Machine. Ya harap maklum, PC jadul, kalo dipaksa ngejalanin java, bisa tambah mabok RAM ama prosesornya.

Satu lagi yang harap dimaklumi, sorry kalo bahasa saya kurang jelas, namanya juga blog ra nggenah :P

6 Responses to "Browsing web versi mobile via desktop browser"

^s0n_g0ku^ said :
Tuesday, 14 July, 2009
tapi sayangnya mau install K-meleon untuk versi linuxnya lom ada..jadinya yha terpaksa harus pakai firefox lagi...and tambahan lagi untuk firefox nhe link user agent switcher langsung dari add-onsnya firefox https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/59
agus said :
Tuesday, 14 July, 2009
@goku, makasih dah nambahin direct link addon FF nya :)
Anonymous said :
Tuesday, 14 July, 2009
yup, thanks atas info nya.
teman2 yang berbaik hati bisakah isiin questionaire? please visit:
http://kuisioner.freehostia.com/
Anonymous said :
Friday, 14 August, 2009
yang opera mini apaan pak?
user agent nya
Anonymous said :
Monday, 17 August, 2009
Sir can u post your english version please...
nirwan said :
Thursday, 22 October, 2009
mantap..

Post a Comment